Laman

7 Okt 2010

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP MEREK UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

Kualitas pelayanan rumah sakit dapat diketahui dari penampilan profesional personil rumah sakit, efisiensi dan efektivitas pelayanan serta kepuasan pasien. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan: pelayanan admisi, dokter, perawat, makanan, obat-obatan, sarana dan peralatan, fasilitas dan lingkungan fisik rumah sakit serta pelayanan administrasi. Penelitian ini adalah penelitian observasional, data diambil menggunakan prosedur purposive sampling dengan jumlah sampel 120 orang, sedangkan sampel dan populasi diambil menggunakan metode proporsional stratified random sampling, dimana respondennya adalah pasien/keluarga pasien Rumah Sakit Islam Sultan Agung yang dengan lama inap minimal 3 hari. Alat analisis yang digunakan adalah structural equation modelling (SEM) pada program AMOS 7,01. Hasil analisis SEM memenuhi kriteria Goodness of Fit Index, yaitu sebagai berikut : nilai chi square 109.976, probability 0.174, GFI 0.902, AGFI 0.863, TLI 0.981, CFI 0.984, CMIN/DF 1.134, dan RMSEA 0.034. Dari hasil analisis data terlihat bahwa dari empat hipotesis, hanya tiga hipotesis yang diterima yaitu 1. Derajat pendukung fisik secara positif dan signifikan mempengaruhi sikap terhadap merek rumah sakit, 2. Kualitas pengalaman pemasaran secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap sikap terhadap merek rumah sakit, 3. Sikap terhadap merek rumah sakit berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Kualitas hubungan pegawai dengan pasien tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap sikap terhadap merek rumah sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar