Laman

5 Okt 2010

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA PEMASARAN DENGAN FAKTOR LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERAT (Studi pada industri kerajinan batik )

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Orientasi Wirausaha dan Kreativitas Program Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran dengan Faktor Lingkungan sebagai variabel moderat. Teknik sampling yang digunakan adalah kuota, diambil sebanyak 86 responden para pemilik industri kecil kerajinan batik Pekalongan. Teknik analisis yang digunakan adalah moderator regression analysis (MRA) dan pengujiannya menggunakan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows versi 11. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan adanya variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan moderator regression analysis. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Orientasi Wirausaha dan Kreativitas Program Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran bila di dukung adanya Faktor Lingkungan yang kompetitif. Perluasan penelitian yang disarankan dari penelitian ini adalah menambah variabel independen yang mempengaruhi Kinerja Pemasaran, karena Kinerja Pemasaran tidak hanya dipengaruhi oleh Orientasi Wirausaha dan Kreativitas Program Pemasaran dengan Faktor Lingkungan sebagai variabel moderating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar